UTS E-commerce

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management.

jawab :

Supply chain management adalah atau rantai persediaan adalah suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini merupakan jaring yang menghubungkan berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama.

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.

jika dilihat dari makna masing-masing maka jika penerapan Supply chain management menggunakan teknik penerapan E-commerce yang menggunakan jaringan internet akan sangat menguntungkan dan memudahkan perusahaan dalam pengontrolan suatu aliran produksi, pendistribusian barang, dan lebih cepat mengetahui permasalahan yang terjadi secara cepat. Ini akan sangat berpengarauh pada suatu perusahaan mengingat inti dari persaingan perusahaan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan mengimplementasikan proses pembuatan produk atau jasa secara lebih murah, lebih baik dan lebih cepat (cheaper, better, faster). Maka hubungan ini akan sangat baik dalam penerapannya dan mempunyai dampak baik dan akan sulit dipisahkan. bisa kita bayangkan jika pengontrolan suatau barang yang hanya menggunakan sistem manual.Dan ini menjadikan huabungan E-Commerce terhadap supply chain management dalam suatu transaksi jual beli sangat berpengaruh dan saling menuntungkan satu dengan yang lain.

2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan.

jawab :

E-commerce dengan kata lain merupakan suatu sistem yang diterapkan pada suatu organisasi untuk mempermudah, mempercepat, dan perangkat pendukung dalam suatu proses ordering and selling out.

Alasan E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu :

karena jika Penerapan E-commerce dilakukan maka akan mengurangi jumlah waktu yang terbuang jika terjadi pengorderan barang yang dimana consumen harus membeli langsung ke toko tersebut, karena akan memakan waktu yang cukup banyak serta jarak tempuh dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Alasan E-Commerce meningkatkan kinerja karyawan :

penerapan E-commerce dapat menunjang pengontrolan kinerja karyawan dengan lebih selektif dan efektif. Secara tidak langsug karywana akan lebih berhati-hati dan lebih terfokus dalam kinerja mereka. Maka akan terjadi peningkjatan kinerja dan peningkatan hasil produksi yang memuaskan perusahaan.

Alasan E-Commerce dukungan terhadap fasilitasi pelanggan :

penerapan E-Commerce sangat mendukung pelanggan dalam melakukan pengorderan barang yang diinginkan, dikarekan dengan penerapan E-commerce pelanggan di fasilitasi situs(situs alamat produk) dengan informasi yang sangat lengkap sehingga pelanggan dapat mengetahui dan membandingkan produk serta harga yang diinginkan. Dengan demikian pelanggan lebih cepat mengetahui dan lebih cepat dalam menetukan penjualan.

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

jawab :

Marketplace adalah

merupakan “pasar” dimana ketika kita ikut menjualkan produk yang diiklankan maka kita bisa mendapatkan komisi atas penjualan yang terjadi atas referensi kita tanpa kita harus ikut membeli produk tersebut.Contoh-contoh marketplace di internet adalah sebagai berikut:
Lelang2000.com
Lelang2000.com adalah marketplace Indonesia dan berbahasa Indonesia dimana para penjual dan pembeli dapat saling tawar-menawar untuk beragam jenis barang atau produk seperti: handphone, komputer, atau jenis lainnya.

Keunggulan dan keterbatasan Marketplace :

Keunggulannya adalah dapat meraih pasar internet yang sangat luas dan tidak hanya terbatas pada wilayah geografis Indonesia, bahkan dengan kemasan yang secara internasional menarik, pangsa manca negara juga dapat diraih. Kesempatan seperti ini dapat diwujudkan melalui hadirnya marketplace di internet.

Keterbatasannya adalah meski target pasar yang luasa tidak menjamin akan kepercayaan pelanggan pada produk yagn di jual di market place, terkait kekhawatiran pelanggan terhadapa barang yang akan dibeli mengalami suatu kerusakan, ini terjadi pada suatu market place yang baru dan kurang terpercaya.
Marketplace adalah

secara harfiah diterjemahkan sebagai ”ruang pasar” di internet. Sebagaimana pasar yang merupakan tempat bertemunya penjual (seller) dan pembeli (buyer), maka Marketplace pun merupakan ruang bertemunya penjual dan pembeli di internet.

marketplace, diutamakan tempat dimana barang/jasa tsb berada. Sedangkan marketspace mengutamakan informasi mengenai barang/jasa tersebut. Dalam menerapkan konsep marketspace tersebut digunakan suatu strategi, yakni Creating value, dengan value dihasilkan oleh 3 komponen : content, context, dan infrastructure. Selanjutnya dilakukan Virtual value chain, yakni memanfaatkan informasi dalam setiap tahapan perubahan, yang membutuhkan pengumpulan, pengorganisasian, pemilihan, pengolahan dan pendistribusian data dan informasi.
Marketspace(ruang pasar) adalah marketplace (tempat pasar) dimana antara penjual dan pembeli melakukan pertukaran barang dan jasa dengan sejumlah uang (atau dengan barang dan jasa lain), tetapi dilakukan secara elektronis.
Komponen komponen
Marketspace Pemesanan item, Pengumpulan item, Hiburan, Komponen komponen, Marketspace, Pemesanan item, Pengumpulan item, Hiburan, Proses bisnis lini depan, Portal penjualan, Katalog elektronik, Daftar belanjaan, Mesin pencari, Komponen komponen, Marketspace, Mesin pencari, Sarana pembayaran, Proses bisnis lini belakang, Pengumpulan dan pemenuhan pesanan, Manajemen persediaan, Pembelian dari pemasok, Pemrosesan pembayaran, Pengemasan dan pengantaran

4. Bandingkan harga Iphone 5 pada: http://shopping.com , http://mysimon.com , http://bottomdollar.com , http://bizrate.com , dan http://pricescan.com . Mana yang terbaik?

jawab :

Perbandingan harga Iphone 5 pada beberapa situs (shopping.com,mysimon.com ,bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com )
 
shopping.com  $650.00 – $919.00
mysimon.com iphone 5 (32 GB)  $ 775, $ 1100 , $ 1275
bottomdollar.com $ 23.99
bizrate.com iphone 5 (16 GB) $ 199.99

dan yang terbaik adalah mysimon.com karena tidak mempersulit pelanggan(pemula) dalam menggunakan situs mereka dan tredapat beberapa oilihan harga dan jenis i phone
 
 
 

5. Cari lima (5) E-Commerce terbaik di Indonesia. Berikan alasan anda!

  1. Indonetwork.co.id
    Pasar Toko Online paling tua di indonesia. Dibuat Tahun 1993. Ada layanan premium untuk sms pemberitahuan.
  2. Olx.co.id
    Termasuk toko online besar, di setiap kota hampir ada nama sub-domain sendiri seperti:
    Bandung.olx.co.id
    Surabaya.olx.co.id
    Malang.olx.co.id
  3. Berniaga.com
    Termasuk Toko Online yang mempunyai SEO paling keren
  4. Bejubel.com
    Banyak orang menyukai bejubel.com karena kemudahan mengupload gambar produk. Mempunyai aplikasi AJAX yang keren. Dari segi Tampilan Toko Online ini lebih elegan dari yang lainnya. Bejubel juga mempunyai fasilitas toko online gratis.
  5. Kaskus.us

kaskus merupakan toko online yang lebih sering dikunjungi oleh remaja-remaja masa kini dan ini menjadi nilai tersendiri bagi kaskus dalam menjual produk produknya.

dan di antara 5 toko ini memilki nilai pandangan masyarakat sehingga menjadi beberpa opsi piliham dalam membeli produk online mereka.

About r3zka

Universitas Brawijaya

Posted on October 24, 2012, in BRAWIJAYA, E-Commerce FE UB. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment